Ini Manfaat Puasa Sunah Syawal Bagi Tubuh

Jum'at, 07 Juli 2017 - 13:54 WIB
Ini Manfaat Puasa Sunah Syawal Bagi Tubuh
Ini Manfaat Puasa Sunah Syawal Bagi Tubuh
A A A
JAKARTA - Meski bulan Ramadan telah berakhir, namun berpuasa kerap kali dilakukan terutama bagi masyarakat Muslim, seperti puasa Syawal, puasa Daud, puasa Senin-Kamis dan puasa sunah lainnya. Tahu kah Anda bahwa dengan berpuasa berarti Anda memberikan banyak kesempatan bagi otak, tubuh hingga kulit untuk merasakan manfaat yang luar biasa? Dikutip dari Boldsky, berikut beberapa manfaat berpuasa yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Meningkatkan fungsi otak
Puasa memiliki banyak efek positif pada otak yang merupakan organ tubuh yang paling penting. Protein yang diturunkan dari otak sangat membantu dalam pengembangan neuron yang lebih sehat, dan peningkatan komunikasi antara sel saraf sehingga menurunkan risiko penyakit seperti Alzheimer, demensia, depresi, dan lainnya.

2. Membersihkan darah dan memperlambat proses penuaan
Penuaan adalah satu hal yang tak dapat dihindari oleh setiap orang. Namun ternyata, dengan berpuasa dapat memperlambat proses penuaan dengan meningkatkan stimulasi hormon pertumbuhan manusia yang memang terkait erat dengan proses penuaan. Selain itu, puasa juga dapat membantu mendetoksifikasi darah dengan meningkatkan eliminasi racun karena proses pencernaan diberikan istirahat dalam jangka waktu tertentu.

3. Membantu mencegah diabetes tipe 2 & penyakit jantung
Puasa dapat menyebabkan sensitivitas insulin yang tinggi sehingga mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Puasa juga membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan tidak memengaruhi kadar kolesterol baik, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit jantung.

4. Membantu mendapatkan kulit lebih sehat
Saat berpuasa, proses pencernaan yang menghabiskan energi dalam jumlah maksimal, diletakkan untuk beristirahat sehingga membantu tubuh berkonsentrasi pada proses lain seperti memperbaiki jaringan kulit yang mati atau rusak, membersihkan darah dan yang lainnya yang memberikan efek langsung pada kesehatan kulit Anda.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6132 seconds (0.1#10.140)